BENAR KAH LAMBANG NEGARA INDONESIA TERINSPIRASI DARI LAMBANG KERAJAAN SAMUDERA PASAI ? INI JAWABANYA....



Seperti yang diambil dari makintau. com, kalau Lambang Garuda Pancasila di inspirasi dari lambang kerajaan Samudera Pasai.

Lambang Kerajaan Samudera Pasai diisi KALIMAT TAUHID serta RUKUN ISLAM. Kepala burung berarti Basmallah, sayap serta kakinya adalah perkataan dua kalimat Syahadat. Tubuh burung itu adalah Rukun Islam.
Pada catatan sejarah, Lambang Garuda Pancasila didesain oleh Sultan Hamid II dari Pontianak, yang lalu disempurnakan oleh presiden Soekarno.

Namun percayakah Anda apabila sebelumnya lambang Garuda itu digunakan sebagai lambang Negara Republik Indonesia, lambang Garuda ini telah lebih dulu dipakai sebagai lambang oleh Kerajaan Samudera Pasai???

Seperti yang kita kenali, kalau Kerajaan Samudera Pasai yaitu satu kerajaan Islam pertama di Indonesia yang didirikan oleh Sultan Malikussaleh (Meurah Silu) pada abad ke 13 atau pada th. 1267.

Kerajaan Samudera Pasai ketika itu di kenal sebagai pusat studi Islam di lokasi Asia Tenggara, hal ini dikemukakan oleh seorang petualang bernama Ibnu Battutah dalam bukunya Tuhfat al-Nazha. Lambang kerajaan Islam Samudera Pasai ini didesain oleh seorang Sultan Samudera Pasai yakni Sultan Zainal Abidin. Lambang burung itu mempunyai arti yakni SYIAR ISLAM YANG KUAT.

R Indra S Attahashi menjelaskan kalau lambang negara Samudera Pasai diisi kalimat Tauhid serta Rukun Islam. Rinciannya, kepala burung itu berarti Basmallah, sayap serta kakinya adalah ucapan dua kalimat Syahadat. Paling akhir, tubuh burung itu adalah Rukun Islam.

Indra meneruskan penjelasannya kalau lambang itu disalin lagi oleh Teuku Raja Muluk Attahashi bin Teuku Cik Ismail Siddik Attahashi yang disebut Sultan Muda Aceh yang diangkat pasca peristiwa Perang Cumbok pada 1945. Ketika itu di Aceh Tamiang ada kerajaan sendiri bernama Kerajaan Sungai Iyu.

Indra menjelaskan, lambang Kerajaan Samudera Pasai itu telah ada pada silsilah keluarganya kian lebih 100 th. lalu. Dari kakek atau nenek, lambang itu diwariskan dari generasi ke generasi yang selalu diceritakan kalau itu simbol Kerajaan Samudera Pasai.

Mengenai lambang Indonesia yang serupa dengan simbol kerajaan Samudera Pasai juga diutarakan oleh dosen Universitas Malikussaleh Aceh Utara, Ibrahim Qamarius. Sesudah di gelar seminar International Conference and Seminar " Malikussaleh ; Past, Present and Future " di Aceh Utara pada 11-12 Juli 2011.

Simbol itu dilukis oleh Teuku Raja Muluk Attahashi, keturunan dari panglima Turki Utsmani yang ke Aceh saat Sultan Iskandar Muda hadapi Portugis, pimpinan dari Panglima Tujuh Syarif Attahashi.

Simbol Garuda Pancasila ini ternyata terinspirasi dari lambang kerajaan Samudera Pasai, tetapi lepas dari itu semuanya sejarawan LIPI, Aswi Warman Adam menegaskan bila klaim itu menunjukkan kecintaan bangsa Indonesia.

sumber : http://www.beradab.com/2016/08/percaya-atau-tidak-ini-asal-muasal.html
BENAR KAH LAMBANG NEGARA INDONESIA TERINSPIRASI DARI LAMBANG KERAJAAN SAMUDERA PASAI ? INI JAWABANYA.... BENAR KAH LAMBANG NEGARA INDONESIA TERINSPIRASI DARI LAMBANG KERAJAAN SAMUDERA PASAI ? INI JAWABANYA.... Reviewed by Unknown on 18.04 Rating: 5