AWAS HATI- HATI BANYAK BEREDAR KARTU BPJS PALSU !!! INI CARA MEMBEDAKAN KARTU BPJS ASLI DENGAN YANG PALSU....



Kartu mempunyai label Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang disangka palsu mengedar di Desa Kertajaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat. Warga resah karena tak di terima penyedia service kesehatan karena kartu itu tidak tercatat. Bagaimana membedakan kartu BPJS Kesehatan yang asli serta palsu?

Kepala Kantor Cabang BPJS Kota Cimahi Yudha Indrajaya mengakui sudah saksikan kartu miliki warga itu. " Sama jauh sebenarnya, namun terdapat beberapa perbedaan dalam kalimat. Sebenarnya kami yang tahu, " ucap Yudha saat dihubungi detikcom, Senin (25/7/2016).

Fisik kartu yang serupa aslinya itu didapatkan warga sesudah membayar Rp 100 ribu melalui pendaftaran yang dikoordininir semasing RW. Awalannya pihak kantor Desa Kertajaya bekerja bersama-sama dengan pihak ke-2 yaitu Rumah Perduli Duafa (RPD) yang mendukung warga kurang bisa manfaat ikuti Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dimaksud program pemerintah berwujud BPJS Kesehatan.

Pihak RPD disebut-sebut 'menerbitkan' kartu bertanda BPJS Kesehatan pada warga Desa Kertajaya yang menyebar di 23 RW. Tercatat sampai sekarang ini ada 230 warga setempat yang mengantongi kartu diduga palsu itu.

 " Apabila di bertanya dengan cara fisik, karena RPD mengakui mendaftarkan lewat cara online, harusnya ada tulisan e-ID. Walau demikian kartu yang dipunyai warga tak ada e-ID nya, " tutur Yudha.
Warga Kertajaya tak menyangka kartu BPJS Kesehatan yang dimilikinya tak terdaftar. Poto : Masnurdiansyah.
Apabila kartu BPJS Kesehatan yang asli, sambung Yudha, ada tulisan e-ID di segi atas sudut kiri kartu. Menurut Yudha, tanda keaslian itu adalah hal mendasar manfaat membedakan mana kartu resmi serta tidaklah.

 " Paling utama itu kartu mereka (warga Desa Kertajaya) tidak terdaftar BPJS Kesehatan. Bermakna tidak ada pada master file kami, " tangkisnya.

Yudha menyebutkan terdapat beberapa pola nomor resgistrasi yang terdaftar lewat cara berurutan dalam kartu disangka palsu mempunyai warga Desa Kertajaya. Hal semacam itu di ketahui Yudha sesudah petugas dari Polres Cimahi menghimpun kartu yang dipunyai sebagian warga.

 " Kita ada cermat digit. Karena ada beberapa nomor berurut (pada sebagian kartu diduga palsu) yg tidak pas dengan cermat digit pada aplikasi kami, " ucap Yudha.

Apabila inginkan menyatakan apakah kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki tercatat atau tidak, beberapa orang bisa lihat kartunya ke Kantor Service Operasional Kabupaten (KLOK).
AWAS HATI- HATI BANYAK BEREDAR KARTU BPJS PALSU !!! INI CARA MEMBEDAKAN KARTU BPJS ASLI DENGAN YANG PALSU.... AWAS HATI- HATI BANYAK BEREDAR KARTU BPJS PALSU !!! INI CARA MEMBEDAKAN KARTU BPJS ASLI DENGAN YANG PALSU.... Reviewed by Unknown on 16.39 Rating: 5